Perempuan Cerdas, Cantik dan Cakap Perilaku

Oleh: Titin Sa’diah

TUHAN tidak pernah mencipta tanpa tujuan, dan semua yang dikerjakanNya pasti sempurna, tak bercela dan selalu dalam perhatian khusus (bayangkan, tak ada satupun dapat mencipta dengan detail, presisi luar biasa dan keunikan beragam yang tak pernah sama sekali dibuat ulang dalam keserupaan seperti yang selalu dilakukanNya).

Perempuan diciptakan untuk tujuan mulia, mereka dihadirkan di antara segala ciptaanNya untuk melengkapi kesempurnaan maha karya yang Agung.
Jadi, jika anda, adalah seorang perempuan, dan merasa tidak tahu tentang tujuan hidup anda di dunia ini, ketahuilah, bahwa TUHAN tidak pernah dalam keadaan tidak sengaja menciptakan anda, IA tidak menciptakan anda biasa saja tanpa kelebihan, karena kehadiran anda bukanlah sekedar angka dalam statistik jumlah penduduk. Tidak sama sekali! Jika saya dapat menggambarkannya, saat TUHAN memutuskan untuk menciptakan anda, IA pasti memikirkan dengan seksama tentang anda, mencipta dalam kebesaran kasih sayangNya, dan dengan hati-hati terencana mengatur setiap keberadaan fisik, jiwa dan roh untuk melaksanakan maksudNya atas hidup anda, kemudian menghadirkan kita di tengah-tengah keluarga kita sekarang, mengirimkan rejeki, suami, anak, karir, usaha, kawan-kawan, keberhasilan dan ketrampilan untuk kita sebagai perempuan yang sempurna dihadapanNya.
Sayangnya, banyak perempuan merasa mereka tidak berarti, tak berdaya, merasa kurang cantik dan tidak cukup cerdas untuk menjadi sukses dan bahagia dalam hidupnya. Mereka, mungkin juga anda, belum benar-benar menyadari bahwa setiap perempuan diciptakan sedemikian unik, dan luar biasa yang tidak ada duanya! Bayangkan, anda tidak diciptakan dalam bentuk grosiran! Cuma ada satu saja perempuan seperti anda di dunia ini, dan inilah saatnya, anda benar-benar menemukan hal-hal mengagumkan tentang diri anda.
Cerdas.
Tidak ada perempuan bodoh, yang ada hanya perempuan ceroboh, yang melakukan kesalahan karena tidak waspada, gegabah, angkuh dan tidak bijak berlaku. Sekali lagi, tidak ada perempuan yang bodoh. Jadi, jangan pernah menganggap diri anda tidak berguna terlebih menempatkan diri tak berdaya. Meski terlihat tak seperkasa kaum lelaki, perempuan dapat melakukan lebih banyak, menampung rasa, mengolah pikiran dan menggunakan intuisi lebih besar. Perempuan cerdas tidak semata diukur dengan tingginya skor IQ mereka, jenis keahlian yang mereka miliki, profesi yang mereka jalankan, atau nilai akademik yang mencengangkan. Perempuan cerdas, adalah mereka yang mengetahui tujuan hidup mereka, mengelola potensi diri mereka, mengasah hati, dan yang bijak mengatur hidup mereka mencapai perubahan dan perbaikan setiap hari. Kecerdasan tidak semata terletak pada kemampuan akal belaka tetapi juga melaraskan hati, mengamalkan iman dan memberlakukan budi pekerti mereka dengan bijak.

Perempuan Cantik.
Perempuan cantik adalqh seorang yang mempunyai jiwa yang ramah,santun,sabar,dan disiplin dalam melakukan semua aktifitasnya. Perempuan Cantik adalah seorang yang memiliki keindahan lebih terhadap tubuh yang Memilikinya.
Dalam islam,Allah Menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna. Firman Allah dalam Q.S.At-Tin:4 Wanita cantik kata Rosulullah SAW, adalah orang yang menjadikan dalam kesehariannya hanya untuk beribadah kepada allah.Keindahan wajahnya ia tundukan dengan rasa malu.Warna kulitnya ia selimuti dengan Pakaian /hijab.Keindahan suaranya ia hiasi dengan lafadz Asma-asma Allah.Sorotan matanya ia tundukan hanya melihat kekuasaan Allah dan Aktifitas dirinyaa juga selalu untuk Allah.

Perempuan cerdas
Bukan berarti selalu benar tanpa salah; perempuan cerdas mengakui kesalahan mereka, mengevaluasi tindakan-tindakannya dan melakukan perencanaan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan. Perempuan cerdas, paham betul, bahwa tujuan hidupnya tidak berhenti pada keadaan kini, tetapi untuk hal-hal yang terus datang sepanjang hidup mereka. Anda, adalah perempuan yang cerdas, yang kini anda harus lakukan adalah menyempurnakan kecerdasan anda dengan menyeimbangkan segala yang anda miliki dan terus bertumbuh. Hidup kita tidak berhenti ketika anak-anak menikah, juga tidak selesai ketika cucu-cucu anda dilahirkan, masa pensiun tiba, ketika suami tiada, dan bahkan ketika usia mulai membatasi fisik anda. KITW tidak berhenti bertumbuh, terus galilah potensi pemberianNya di hidup kita yang mengalir tanpa henti. Ketika kita melakukannya, kita adalah perempuan cerdas yang dicari itu.

Tak peduli warna kulit, bentuk hidung, letak tahi lalat, berapapun berat badan kita, tinggi badan kita dan rupa fisik kita.
Kita adalah seorang perempuan yang cantik! Ya, benar. Lalu berhentilah membandingkan diri kita dengan perempuan lain. Secermat apapun kitw menilai, kita tidak melakukan hal apapun yang konstruktif atas diri kita sendiri – tidak ada apapun yang akan kita temukan kecuali rasa kecewa saat kita membanding diri. Mengapa membuang energi dan waktu untuk sesuatu yang tidak produktif dan cenderung destruktif itu? Saya tegaskan sekali lagi, kita cantik sebagaimana adanya, bersyukurlah!

Hanya kita yang dapat menentukan keindahan diri kita sendiri, menetapkannya dalam sanubari, mempercayainya sepenuh hati dan orang lainlah yang akan melihat kecantikan itu terpancar dari dalam diri kita, jauh melebihi tebalnya make up atau mahalnya perawatan tubuh yang kita investasikan setiap bulan. Hati yang besyukur, membuat kita selalu menjadi perempuan yang cantik. Dan kecantikan seperti ini adalah kemolekan jiwa bukan sekedar terlihat dalam kemasan luar belaka.

Cakap Perilaku.
Peran perempuan adalah pemimpin, pemandu, penasehat, pemberi teladan dan pembimbing perilaku anak-anaknya. Pada rumahtangganya ia membantu suaminya meneguhkan karakter-karakter terpuji, memelihara ahlak mulia, membiasakan kesantunan dan mengukuhkan iman. Pada keluarga dan tempatnya bekerja ia menjadi pribadi yang diandalkan, dipanut, dan dipuji karena perilakunya yang setia, lembut, panjang sabar, cekatan, penyayang, pandai, pemaaf, penolong, tegas, dan bertanggungjawab. Berprofesi apapun perempuan, ketika mereka rendah hati dan berperangai baik, keberadaannya membawa pengaruh positif kepada orang disekitarnya; mereka telah sukses dalam apapun profesi dan peran yang mereka jalankan.
Selama Hari Kartini,Semoga kita Menjadi Perempuan Hebat yang Bermartabat (21 April 2022)

ext content